Sejarah

  • Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar terletak di Kabupaten Lampung Barat yang secara georafis terletak pada koordinat 5001,976’ LS dan 104004,427’ BT dengan ketinggian 930 meter diatas permukaan laut, diatas tanah seluas 5,5 ha dengan luas bangunan 15.153 m2. Pembangunan RSUD Alimuddin Umar pada tahun 1997/1998 merupakan rumah sakit tipe C yang didanai dari APBN dan Dana Bantuan ADB III Departemen Kesehatan RI serta APBD.

Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar Kabupaten Lampung Barat mulai beroperasi pada tangal 9 November 1998 dan secara resmi di operasionalkan pada tanggal 28 November 1998 oleh Bapak Menteri Kesehatan RI yang pada masa itu dijabat oleh Prof. DR. dr. H. Faried Anfasa Moeloek, Sp.OG.

Berdasarkan Perda Lampung Barat Nomor 06 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja RSUD Alimuddin Umar Kabupaten Lampung Barat, Letak Bangunan berada di dataran tinggi yang berlokasi di Liwa, Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Wilayah Kabupaten Lampung Barat bervariasi mulai dari dataran disebelah barat hingga daerah bergunung sebelah timur, di sebelah utara berbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Sumatera Selatan), di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Barat, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Way Kanan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Tanggamus.